Monday, June 23, 2014

Cara Cek Profil PNS di BKN Terbaru 2014

Artikel Cara cek profil pns di BKN terbaru 2014 kali ini merupakan artikel yang sengaja saya buat karena tampilan website Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara total sudah berubah, sehingga menurut saya artikel-artikel atau postingan yang saat ini masih eksis di dunia maya banyak yang sudah basi atau tidak relevan lagi untuk digunakan. Sehingga saya informasikan bahwa link http://www.bkn.go.id/in/pastikan-data-anda-benar sudah tidak berlaku dan NOT FOUND.
Fungsi cek data profil PNS ini adalah Anda dapat mengetahui profil anda yang terbaru atau profil PNS lain yang anda ketahui. Sebagai contoh adalah saya, pada bulan Februari 2014 kemarin saya telah mengajukan kenaikan golongan setelah melalui proses penyesuaian ijazah dari Golongan II/c menjadi golongan III/a. Dan berikut ini hasilnya bisa dilihat:

Gambar. Cara Cek Profil PNS Terbaru
Alhamdulillah data di BKN menunjukkan bahwa saya saat ini sudah Golongan III/a sehingga tidak perlu melalui golongan II/c sampai 4 tahun dan golongan II/d empat tahun juga. Jadi hemat 7 tahun untuk sampai ke III/a (3 tahun golongan II/c dan 4 tahun golongan II/d). Walaupun SK kenaikan pangkat belum saya terima namun sudah jelas dari data di atas penyesuaian ijazah saya sudah clear atau beres.
Lalu bagaimana cara mengetahui profil PNS Anda, dan kenaikan golongan Anda apakah sudah terupdate atau belum seperti gambar di atas? Berikut caranya:
  1. Kunjungi situs website BKN di http://www.bkn.go.id/profil-pns
  2. Masukkan NIP anda atau PNS yang hendak diketahui profilnya pada kolom input dalam lingkaran elips merah pada gambar di atas lalu klik tombol Tampilkan.
  3. Silakan lihat hasilnya.
Bagi saya yang bekerja di subbagian Kepegawaian tentu saja tool ini sangat bermanfaat jika ada yang bertanya tentang data mereka serta proses kenaikan golongan mereka. Tool ini bisa digunakan untuk cek PNS Pusat maupun Daerah (Iseng tadi ngecek data seorang Guru Madya di sebuah SMA). Ok, itu saja sharing saya kali ini semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. sy bingung klik yg mana aja, tidak bisa membuka inforasi kenaikan pangkat di web bkn. mohon bantuannya. email sy parhanpkn@gmail.com

    ReplyDelete